Perbedaan Gestun dengan Tarik Tunai

Gestun bukanlah hal yang baru. Praktik gestun sudah sering dilakukan. Praktik ini biasanya dilakukan kepada mereka yang menyediakan jasa gesek tunai kartu kredit. Oknum-oknum ini memiliki mesin EDC (Electronic Data Capture), yang dapat membuat transaksi tersebut seolah-olah terjadi.
Tahukah anda apa perbedaan Gestun dengan Tarik Tunai?
Gesek tunai adalah praktik menggesek kartu kredit ke mesin yang dimiliki oleh toko (biasa disebut merchant) untuk mendapatkan uang tunai. Praktik ini dibuat seolah-olah Anda melakukan transaksi belanja di suatu tempat, namun sesungguhnya Anda tidak mendapatkan barang, tapi malah mendapatkan uang. Sedangkan Tarik Tunai terjadi apabila jika Anda menggunakan kartu kredit untuk menarik uang tunai di ATM.
Sama dengan gesek tunai, Anda juga akan dikenakan biaya setiap mengambil uang tunai. Hanya saja, biaya yang dikenakan pada praktik tarik tunai akan langsung dikenakan oleh bank penerbit yang bersangkutan, dan langsung tercatat dalam tagihan kartu kredit Anda di bulan depan.
Namun, banyak orang yang lebih menyenangi jasa gesek tunai kartu kredit karena biaya yang dikenakan lebih rendah. Yang merupakan salah satu keuntungan gestun adalah satu keuntungan gestun dibanding dengan ATM yang mengharuskan nasabah membayar 4 persen atau minimal Rp 50.000 untuk biaya setiap penarikan uang tunai, gestun hanya meminta nasabah membayar hanya 2-3 persen saja.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *